Tips Membuat Bekal: Sederhana, Praktis, dan Lezat!

membuat bekal

Hai pembaca yang ingin menjaga pola makan sehat dan praktis di tengah kesibukan sehari-hari! Membuat bekal adalah salah satu kebiasaan yang baik untuk menjamin asupan gizi sepanjang hari, baik di tempat kerja, sekolah, atau saat bepergian. Dalam artikel ini, kami akan membagikan beberapa tips sederhana untuk membuat bekal yang lezat, bergizi, dan praktis untuk Anda nikmati. Mari kita mulai!

1. Rencanakan Menu Bekal Anda

Langkah pertama dalam membuat bekal adalah merencanakan menu yang ingin Anda bawa. Pertimbangkan variasi makanan dari berbagai kelompok makanan, seperti karbohidrat kompleks, protein, lemak sehat, serta buah dan sayuran. Dengan merencanakan menu, Anda dapat memastikan asupan gizi yang seimbang setiap harinya.

2. Manfaatkan Sisa Makanan

Jangan ragu untuk memanfaatkan sisa makanan dari makan malam sebelumnya untuk dijadikan bekal. Misalnya, sisa nasi bisa dijadikan nasi goreng atau nasi tim, sisa daging bisa dijadikan lauk tambahan, dan sisa sayuran bisa dijadikan salad atau tumis sayur. Ini tidak hanya menghemat waktu, tetapi juga mengurangi pemborosan makanan.

3. Pilih Bahan Makanan yang Tahan Lama

Ketika memilih bahan makanan untuk bekal, pilihlah bahan-bahan yang tahan lama dan mudah disimpan. Contohnya adalah roti gandum, telur, keju, kacang-kacangan, buah-buahan segar, atau buah kering. Bahan-bahan ini dapat bertahan lebih lama di lemari es dan tetap segar saat diolah menjadi bekal.

4. Siasati dengan Makanan Beku

Makanan beku seperti nugget, bakso, atau roti beku juga bisa menjadi pilihan praktis untuk bekal. Anda dapat mengolahnya lebih dulu dan menyimpannya dalam kulkas atau freezer untuk diambil sewaktu-waktu. Ini sangat berguna saat Anda sedang terburu-buru atau tidak punya banyak waktu untuk memasak.

5. Persiapkan Bekal Anda Sebelum Tidur

Agar lebih efisien, persiapkan bekal Anda sebelum tidur di malam hari. Misalnya, Anda bisa menyiapkan roti sandwich, memasak nasi atau pasta, atau mencuci dan memotong sayuran. Dengan cara ini, Anda dapat menghemat waktu di pagi hari dan tidak perlu terburu-buru.

Baca Juga :  Upgrade Hunianmu Agar Betah Di rumah dengan Smart Home

6. Pilih Wadah Bekal yang Praktis

Pilihlah wadah bekal yang praktis dan mudah dibawa, seperti kotak makan, tupperware, atau tas bekal yang dilengkapi dengan sekat-sekat untuk memisahkan makanan. Pastikan wadah tersebut aman untuk digunakan dalam microwave atau freezer jika Anda memerlukannya.

7. Variasikan Jenis Makanan

Untuk menjaga keberagaman dan kesenangan dalam makan bekal, variasikan jenis makanan yang Anda bawa setiap harinya. Misalnya, hari ini Anda bisa membawa sandwich, besok bisa salad, lalu bisa juga nasi box atau wrap. Dengan variasi ini, Anda tidak akan merasa bosan dengan bekal Anda.

8. Perhatikan Porsi Makanan

Perhatikan porsi makanan yang Anda bawa agar sesuai dengan kebutuhan energi Anda. Jangan terlalu banyak atau terlalu sedikit, tetapi pilihlah porsi yang cukup untuk memberikan energi dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda sepanjang hari.

9. Jangan Lupakan Minuman dan Camilan Sehat

Selain makanan utama, jangan lupakan minuman dan camilan sehat untuk menemani bekal Anda. Pastikan untuk membawa air minum yang cukup dan camilan seperti buah-buahan, kacang-kacangan, atau yogurt untuk menambah variasi dan kelezatan bekal Anda.

10. Selalu Bersihkan Wadah Bekal Setelah Digunakan

Setelah selesai menggunakan wadah bekal, pastikan untuk membersihkannya dengan bersih sebelum disimpan kembali. Ini akan mencegah pertumbuhan bakteri dan menjaga kebersihan wadah bekal Anda untuk penggunaan selanjutnya.

Selamat Mencoba dan Selamat Menikmati Bekal Anda!

Dengan mengikuti tips sederhana ini, Anda dapat membuat bekal yang praktis, lezat, dan bergizi untuk menemani aktivitas sehari-hari Anda. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan kualitas makanan yang Anda bawa. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya tentang gaya hidup sehat dan praktis!

Recommended For You

About the Author: admin 2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *