Cara Tepat Dalam Memberikan Mpasi 6 Bulan Pada Bayi

mpasi 6 bulan

Ketika bayi anda sudah cukup umur, anda bisa memberikan mpasi 6 bulan. Mpasi penting sekali untuk anda berikan karena seiring dengan pertumbuhannya, kebutuhan gizi bayi juga akan meningkat. Selain itu saat usia bayi telah menginjak 6 bulan, sistem pencernaan bayi telah berkembang dengan baik. Sehingga bayi sudah bisa mencerna nutrisi dari makanan yang ia konsumsi.

Walaupun mpasi yang anda berikan sama seperti makanan orang dewasa, namun pemberian mpasi tersebut tetap harus anda lakukan denga cara yang berbeda. Berikut ini adalah tips-tips dalam memberikan mpasi pada bayi anda.

Berikan Mpasi dengan Porsi Sedikit

Pada tahap awal anda memperkenalkan mpasi pada bayi anda, anda bisa memberikan makanan dalam jumlah yang sedikit dan tekstur yang halus dan agak encer. Dalam sehati anda bisa memberikan makanan sekitar 2-3 sendok teh agar bayi anda terbiasa dengan teksturnya. Seiring dengan perkembangan bayi, anda bisa menambahkan porsi makanannya secara bertahap.

Kenalkan Berbagai Rasa Mpasi Pada Bayi

Setiap harinya anda bisa memberikan berbagai Menu mpasi yang berbeda kepada bayi anda. Pada tahapan awal pemberian mpasi, anda bisa memberikan makanan yang rasanya mirip dengan asi. Setelah itu anda bisa mengenalkannya pada berbagai rasa. Jangan gunakan garam, gula, dan msg pada makanan bayi anda secara berlebihan.

Jangan Berikan Madu dan Susu Sapi

Abyi yang berusia di bawah satu tahun jangan anda berikan madu atau susu sapi. Pemberian madu pada bayi yang usianya kurang dari satu tahun dapat menyebabkan terjadinya botulisme. Sedangkan untuk susu sapi, kebutuhan nutrisis bayi tidak cocok dengan kandungan nutrisi dari susu sapi.

Ajarkan Makan Tertib

Ketika anda akan memberikan makanan pada anak anda, dudukkan bayi anda pasa kursi makan khusus bayi. Ajak bayi anda makan bersama anda dan keluarga. Hal tersebut akan membuat bayi anda makan dengan tertib karena memperhatikan keadaan sekitarnya yang tertib juga.

Baca Juga :  Tips Memilih Ekspedisi Cargo Jakarta Palu yang Terpercaya

Jangan Paksa Bayi

Ketika bayi anda tidak menghabisakan makanannya, jangan pernah paksa bayi untuk menghabiskannya. Itu karena bayi masih memerlukan waktu untuk terbiasa memakan makanan padat. Jika memang makanan tidak habis, anda bisa mencoba untuk memberikan makan keesokan harinya.

Nah, itulah beberapa tips dalam memberikan mpasi 6 bulan pada bayi anda. Pastikan mpasi yang anda berikan pada bayi anda sehat, bergizi, dan tidak menimbulkan alergi pada bayi. Jika bayi anda memakan makanan yang menyebabkan alergi, maka bayi anda bisa saja mengalami diare. Jika anak anda terus mengalami diare anda harus rutin mengganti popoknya. Harga popok bayi saat ini pun beragam. Dengan membeli popok merries, anda bisa mendapatkan popok kualitas terbaik dengan harga yang cukup terjangkau.

 

Recommended For You

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *