Inilah Cara Membuat Ayam Kecap ala Sobat Mamabaik.com

cara membuat ayam kecap

Hai Sobat Mamabaik.com! Sudah tahu belum kalau masak ayam kecap itu nggak sesulit yang kamu bayangkan? Yuk, kita bahas cara membuat ayam kecap yang lezat dan mudah di rumah. Siap-siap bikin lidah kamu bergoyang!

1. Persiapan Bahan

Sebelum memulai proses memasak, pastikan semua bahan sudah tersedia. Kamu akan membutuhkan potongan ayam, kecap manis, bawang putih, bawang merah, saus tiram, gula, garam, merica, dan sedikit minyak untuk menumis.

2. Marinasi Ayam

Untuk membuat ayam lebih lezat dan meresap rasa, marinasi adalah kuncinya. Campurkan potongan ayam dengan sedikit kecap manis, garam, merica, dan bawang putih yang telah dihaluskan. Diamkan selama 15-30 menit agar bumbu meresap.

3. Tumis Bawang

Panaskan sedikit minyak di wajan. Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum dan berubah warna kecokelatan. Pastikan api sedang agar tidak gosong.

4. Masak Ayam

Masukkan potongan ayam yang telah dimarinasi ke dalam wajan. Tumis hingga ayam berubah warna dan matang sempurna. Pastikan ayam matang merata dan tidak ada bagian yang mentah.

5. Tambahkan Saus

Tuangkan kecap manis, saus tiram, gula, garam, dan sedikit air ke dalam wajan. Aduk rata agar saus meresap ke dalam ayam. Biarkan mendidih sebentar sambil sesekali diaduk.

6. Koreksi Rasa

Selalu koreksi rasa saat memasak. Jika ingin lebih manis, tambahkan kecap atau gula sedikit demi sedikit. Jika kurang asin, tambahkan garam secukupnya. Sesuaikan dengan selera kamu.

7. Siap Disajikan

Setelah semua bumbu tercampur merata dan saus mengental, angkat wajan dari api. Ayam kecap siap disajikan! Kamu bisa menambahkan taburan bawang goreng sebagai hiasan.

8. Sajikan dengan Nasi Hangat

Agar pengalaman makan semakin nikmat, sajikan ayam kecap dengan nasi hangat. Paduan antara ayam yang gurih dan nasi yang pulen pasti membuat perut kamu puas!

Baca Juga :  Cara Membuat Gado-Gado: Nikmatnya Kombinasi Sayur dan Bumbu Kacang

9. Penyajian Kreatif

Jika ingin sedikit berkreasi, kamu bisa menyajikan ayam kecap bersama dengan irisan mentimun dan tomat sebagai pelengkap. Ini akan menambah kesegaran dalam hidanganmu.

10. Selamat Menikmati!

Ayam kecap ala Sobat Mamabaik.com siap dinikmati. Semoga resep sederhana ini bisa menjadi favorit di meja makanmu. Sampai jumpa kembali di artikel masakan selanjutnya, Sobat Mamabaik.com!

Kesimpulan

Masak ayam kecap nggak harus repot, kan? Dengan resep di atas, kamu bisa memasak hidangan lezat ini dengan mudah. Selain menghemat waktu, kamu juga bisa menyesuaikan rasa sesuai selera. Jadi, jangan ragu untuk mencoba dan eksperimen di dapur. Sampai jumpa lagi di resep lainnya!

Recommended For You

About the Author: admin 2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *