Jangan Panik ! Ikuti Tips Setelah Imunisasi Bayi Anda

Dalam dunia kesehatan, imunisasi bayi memanglah suatu kewajiban untuk melindungi bayi agar membentuk antibody dari segala macam penyakit dan virus. Biasanya dari imunisasi ini akan berdampak langsung pada bayi seperti halnya panas dan demam. Walaupun saat ini telah ada imunisasi yang tidak memberikan efek demam ataupun panas pada tubuh bayi, bunda tetap harus siaga untuk mengantisipasi bila bayi rewel.

Untuk mengantisipasi itu semua bunda bisa menyiapkan kondisi bayi dalam keadaan prima. Sebab kondisi yang harus diperhatikan sebelum melakukan imunisasi bayi ialah memastikan kebugaran bayi dalam menerima dosis imunisasi nantinya. Jangan sampai keadaan bayi masih sakit anda paksakan untuk melakukan imunisasi.

Tips Setelah Melakukan Imunisasi Bayi

Setelah melakukan imunisasi bayi, terkadang si bayi akan merasa kurang nyaman dan bahkan hingga rewel. Untuk itu bunda bisa mengikuti tips berikut ini untuk membuat nyaman pada bayi, antara lain:

1. Minumkan Obat Paracetamol pada Bayi

Langkah pertama setelah bayi melakukan imunisasi, biasanya perawat / dokter akan langsung memberikan resep obat paracetmol untuk mengantisipasi demam / panas pada bayi. Pahamilah aturan minum pada obat paracetamol ini agar tidak membahayakan pada bayi tersebut.

 

2. Bila Demam / Panas Kompres dengan Handuk Hangat

Kemudian bunda bisa melakukan untuk mengkompres pada dahi dan badan bayi. Kompres yang bunda gunakan usahakan tetap pada kondisi hangat dengan merendamnya ke air hangat ya. Ini akan membantu untuk menormalkan suhu tubuh pada bayi. Untuk menghindari demam yang parah pada bayi, dianjurkan untuk memandikan metode lap saja tanpa merendamnya.

 

3. Berikan ASI pada Bayi

Terkadang bayi setelah imunisasi akan meminum ASI melebihi dari biasanya. Ini karena bayi ingin manja dekat bunda dan menahan rasa sakit / nyeri bekas imunisasi. Berikan perhatian bunda secara mendalam dengan ASI dan pelukkan kasih sayang.

 

4. Biarkan bayi untuk beristirahat

Untuk memberikan waktu yang cukup untuk bayi, akan mempercepat suhu tubuh turun dan rasa nyeri bekas suntikan imunisasi berangsur mereda. Letakkan bayi pada ruangan yang sejuk dan nyaman tanpa adanya suara bising yang dapat menggangu tidurnya. Biasanya bayi akan sangat rewel ketika tidak merasa nyaman setelah imunisasi, bunda dapat menggendong bayi untuk membuatnya merasa terjaga.

 

Sekian penjelasan tips setelah melakukan imunisasi agar bayi merasa nyaman. Memang terkadang setelah di imunisasi bayi akan banyak menangis dan rewel. Yang terpenting bunda jangan panic dan bingung, anda bisa mengikuti langkah – langkah yang telah dijeaskan diatas.

Semoga bermanfaat ya bund!!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous post Inspirasi Menu MPASI 6 Bulan Yang Kaya Akan Nutrisi
Next post Pentingnya Social Media Management & Social Media Marketing pada Bisnis