Kenali Beberapa Cara Menghitung Usia Kehamilan

Kehamilan adalah salah satu momen yang sangat dinantikan oleh pasangan suami istri. Selama masa kehamilan, ibu hamil perlu memperhatikan perkembangan janin di dalam kandungan, dan salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menghitung usia kehamilan. Mengetahui usia kehamilan adalah hal yang penting bagi setiap ibu hamil dan dokter kandungan. Usia kehamilan adalah jangka waktu sejak hari pertama terakhir menstruasi (HPHT) hingga saat ini. Namun, bagi beberapa wanita, menghitung usia kehamilan bisa menjadi hal yang membingungkan dan sulit. Berikut adalah beberapa cara yang dapat membantu Anda menghitung usia kehamilan.

Menggunakan HPHT

Cara paling umum untuk menghitung usia kehamilan adalah dengan menghitung dari HPHT. Hal ini karena banyak wanita yang mengetahui tanggal terakhir menstruasinya lebih mudah daripada mengetahui tanggal ovulasi atau pembuahan. Anda dapat menggunakan kalkulator kehamilan online atau menghitung sendiri dengan menghitung 280 hari atau 40 minggu dari HPHT.

Menggunakan Ukuran Janin

Ukuran janin juga dapat membantu menghitung usia kehamilan. Pada trimester pertama, dokter kandungan akan melakukan ultrasound untuk memeriksa ukuran janin. Ukuran janin yang diukur dapat membantu dokter kandungan menentukan usia kehamilan. Namun, perlu diingat bahwa ukuran janin hanya sebagai perkiraan dan tidak selalu akurat.

Menggunakan Tanda-Tanda Fisik

Tanda-tanda fisik kehamilan seperti kenaikan berat badan, perubahan pada payudara, serta perubahan pada rahim dapat membantu menentukan usia kehamilan. Namun, tanda-tanda ini tidak selalu akurat dan dapat berbeda-beda pada setiap wanita.

Berdasarkan Gerakan Janin

Cara lain yang dapat dilakukan untuk menghitung usia kehamilan adalah dengan menghitung berdasarkan gerakan janin. Biasanya, janin mulai bergerak pada usia kehamilan 16-20 minggu. Dari gerakan tersebut, dokter dapat memperkirakan usia kehamilan dengan akurat.

Berdasarkan Tinggi Fundus Uteri

Fundus uteri adalah bagian atas rahim yang terasa pada bagian bawah perut. Pada usia kehamilan tertentu, tinggi fundus uteri akan sejajar dengan pusar. Dari tinggi fundus uteri ini, dokter dapat memperkirakan usia kehamilan.

Baca Juga :  Rekomendasi Aktivitas Menarik untuk Anak: Waktunya Bermain!

Berkonsultasi dengan Dokter Kandungan

Cara terbaik untuk mengetahui usia kehamilan adalah dengan berkonsultasi dengan dokter kandungan. Dokter kandungan dapat melakukan pemeriksaan fisik dan ultrasonografi untuk menentukan usia kehamilan dengan lebih akurat. Dokter kandungan juga dapat memberikan informasi tentang perkembangan janin dan memberikan saran tentang perawatan kehamilan.

Meskipun ada beberapa cara untuk menghitung usia kehamilan, cara terbaik adalah dengan berkonsultasi dengan dokter kandungan. Dokter kandungan dapat memberikan informasi dan saran yang akurat tentang perawatan kehamilan dan perkembangan janin. Selain itu, dokter kandungan juga dapat membantu memantau kesehatan ibu dan janin selama kehamilan.

momma.id

Jika Anda tertarik untuk membaca artikel lainnya seputar kehamilan, ibu, dan bayi, Anda bisa mengunjungi momma.id. Dapatkan berbagai informasi menarik yang bermanfaat untuk Anda di momma.id!

Recommended For You

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *