Kenali Manfaat dan Tips Memilih Sekolah Internasional !

 

Pendidikan yang terbaik merupakan impian para orang tua yang ingin berikan pada anak – anaknya. Salah satu pendidikan yang berkualitas yang dapat berikan pada buah hati anda adalah sekolah internasional.  Tentunya yang kita tahu sekolah internasional memiliki keunggulan sistem pembelajarannya. Dengan sistem pendidikan sekolah internasional, harapannya anak dapat bersaing secara nasional maupun internasional.

Agar anda semakin yakin memilihkan sekolah internasional bagi anak anda, silahkan simak manfaatnya berikut ini:

 

1. Kurikulum

Kurikulum yang diterapkan pada sekolah internasional memanglah sangat beragam. Sehingga anak perlu menyiapkan mental secara matang bila ingin bersekolah disini dan mendapat dukungan oleh orang tua.

Berbeda dengan sistem kurikulum nasional, pada sekolah internasional menggunakan kurikulum antara lain:

a. Kurikulum Montessori

Kurikulum ini memanglah sudah tidak asing pada sekolah internasional. Pada Kurikulum Montessori ini biasanya untuk pendidikan anak pra sekolah ataupun sekolah dasar untuk mengembangkan potensi individu pada anak, karakter dan perilaku.

b. Kurikulum Cambridge Internasional

Sesuai dengan penamaannya, kurikulum ini berasal dari negeri Inggris yang prakarsai oleh Universitas Cambridge. Fokus dari Kurikulum ini ialah menggali potensi dalam berfikir  secara kritis maupun analitis. Dengan metode pembelajaran ini pelajar akan menguasai mengenai cara pandang dunia internasional, kecakapan anak dalam berbahasa inggris, pembelajaran modern serta memberikan peluang untuk berkuliah pda universitas dunia terbaik.

c. Kurikulum International Primary Curriculum (IPC)

Sebagian besar sekolah internasional menggunakan kurikulum ini dalam meangsungkan pendidikannya. Konsentrasi pada kurikulum ini mengajarkan peserta didik untuk menggali karakter dan kepribadian individu sehingga bersaing pada kancah nasional maupun internasional.

d. Kurikulum Singaporean Primary School Curriculum (SPC)

Sedangkan untuk kurikulum ini berasal dari Negara Singapura yang mengajak peserta didiknya belajar menyesuaikan potensi dan minat bakatnya. Dengan fokus pada minat bakatnya akan memudahkan untuk berkipra di dunia internasional.

Baca Juga :  Ini Tips Memasang Wallpaper Dinding ala Sobat Mamabaik.com

e. Kurikulum International Baccalaureate (IB)

Pada kurikulum International Baccalaureate (IB) ini berasal dari Jenewa Swiss. Ciri khas dari kurikulum ini menitik-beratkan pada berfikir kreatif, intelektual emosional, dan bersosialisasi. Kemudian akan melatih anak menjadi pribadi yang perduli dengan sekitarnya.

 

2. Sistem Pembelajaran

Dalam sistem pembelajaran pada sekolah Internasional peserta didik diberikan keleluasan dalam mengungkapkan pendapat atau argument. Kemudian terfasilitasi oleh tenaga pengajar yang berkompeten dalam mengajarkan materi. Sehingga dengan sistem pembelajaran yang baik dari sekolah internasional ini anak dapat berkembang secara optimal.

 

3. Keberagaman Budaya dan Bahasa

Dengan masuk sekolah internasional anak akan berinteraksi menggunakan bahasa inggris, yang membuat anak terbiasa dalam penggunaan bahasa inggris di kehidupan sehari-hari. Tak jarang pula murid dari luar negeri pun bersekolah di sini. Dari hal tersebut anak akan mengerti dan terbiasa dengan perbedaan budaya antara Indonesia dan di luar negeri.

 

 

Dari pemaparan manfaat diatas pastinya anda akan tertarik memasukkan anak anda ke Sekolah Internasional. Agar anda semakin mantab untuk memilihkan sekolah internasional untuk anak anda, coba pertimbangkan hal berikut ini ya:

1. Fasilitas yang diberikan

Setiap sekolah pastilah memiliki beragam fasilitas yang berguna untuk peserta didiknya. Sebab fasilitas merupakan faktor pendukung untuk menunjang proses pembelajaran di sekolah. Semakin lengkap fasilitas fisik dan non fisik yang diberikan, pastinya akan memudahkan pembelajaran untuk muridnya.

 

2. Tenaga Pengajar dan Kurikulum

Kualifikasi tenaga pengajar yang kompeten, sebaiknya menjadi faktor yang anda dapat pertimbangkan. Biasanya pada sekolah internasional tenaga pengajarnyapun minimal lulusan dari Universitas terkemuka Nasional maupun Internasional. Untuk itu cermati profil sekolah internasional mulai dari Kepala Sekolahnya, Tenaga Pengajar dan kurikulum yang diterapkan.

Baca Juga :  Inilah Panduan Cara Daftar Barcode Pertamina untuk Anda

 

3. Pelayanan

Sistem pelayanan yang sekolah internasional berikan haruslah mudah. Pada konteks mudah ini berupa informasi dan kabar antara pihak sekolah internasional dan orang tua. Dan takhanya itu saat ini sekolah internasional sudah menggunakan teknologi modern yang mana orang tua dapat memantau anak ketika sekolah. Mulai dari Nilai, Absensi Kehadiran, dal lain sebagainya.

 

4. Cek Alumni Lulusannya

Untuk poin selanjutnya anda dapat mencari tahu akan lulusan – lulusan alumni sekolah tersebut. Meskipun keberhasilan setiap orang berbeda-beda dalam meraih pendidikan yang baik, tapi dengan mencari tahu lulusannya paling tidak sistem pendidikannya mendukung peserta didiknya untuk bersaing berkiprah secara global.

 

5. Biaya

Faktor yang penting untuk anda pertimbangkan yakni mengenai biaya. Sesuaikan kekuatan budget  finansial untuk memasukkan anak anda ke sekolah internasional. Semakin bonafit sekolah internasional biasanya akan sebanding pula dengan biaya yang harus terbayarkan.

 

Jika anda tertarik untuk menyekolahkan anak anda ke sekolah internasional, kami merekomendasikan untuk memilih Menlo Park School. Visi utama dari sekolah internasional Menlo Park School ini yakni menyiapkan anak untuk siap bersaing di dunia internasional dan menyesuiakan kurikulum internasional agar diterima di Universitas terkemuka Internasional. Jadi tidak perlu ragu untuk kapasitas dari lembaga pendidikan internasional ini.

Semoga bermanfaat ya!

 

 

Recommended For You

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *