Waspadai Telat Haid pada Wanita, Ini Penyebabnya !

 

Telat haid terkadang membuat para wanita merasa cemas. Telat haid terkadang diartikan sebagai tanda kehamilan. Padahal ada banyak sekali faktor yang menyebabkan telat haid.

Maka anda harus paham siklus haid yang umum terjadi. Perlu anda ketahui bahwa seorang wanita itu mengalami haid atau mestruasi dengan siklus setiap 28 hari. Terkang siklus ini bisa menjadi panjang dari biasanya.

Siklus haid normal

Pada dsaranya Siklus haid yang normal umumnya terjadi secara teratur dan memiliki durasi yang sama. Siklus haid terjadi setiap 21-35 hari maka siklus haid tersebut normal.

Siklus haid tidak normal

Kondisi Siklus haid yang tidak normal akan terjadi kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari. Pada Periode menstruasi terjadi lebih dari 7 hari.

 

Apa penyebab telat haid?

Sesungguhnya seseorang wanita mengalami telat haid itu karena siklus haid yang berbeda-beda. Tetapi setiap perempuan tidak  mengalami siklus haid yang persis 30 hari. Sehingga tanggal haid dapat terjadi  lebih cepat atau lebih lambat. Menurut Charm Girl Talk, ternyata banyak faktor yang mempengaruhi telat datang bulan, antara lain:

1. Stres

Apabila anda mengalami stres, maka siklus haid anda akan terganggu. Stres dapat merubah hormon anda sehingga bagian otak yang mengatur siklus haid menjadi terganggu. Sebenarnya menghilangkan stres itu adalah suatu yang mudah. Anda dapat melakukan relaksasi, berolahraga dan merubah gaya hidup.

 

2. Kelebihan berat badan

Perempuan yang memilliki berat badan yang berlebih dapat merubah hormon.  Anda dapat melakukan diet dan olahraga agar siklus haid anda kembali normal.

 

3. Penurunan Berat Badan

Sejatinya perempuan yang mengalami penurunan berat badan secara drastis akan mempengaruhi sistem datang bulannya. Hal tersebut dapat menyebabkan menstruasi terlambat. Berat badan dibawah berat badan ideal akan mempengaruhi kinerja ovulasi.

 

4. Menghisap Merokok

Bila ingin hidup sehat, sebagai wanita anda sebaiknya menghindari untuk kebiasaan merokok ini. Sebagaimana yang kita tahu kandungan Zat berbahaya nikotin yang ada didalam rokok ini dapat mengganggu siklus datang bulan anda. Zat tersebut berpengaruh terhadap hormon estrogen dan progesteron yang berperan dalam siklus haid.

 

5. Hormon prolaktin

Meningkatnya produksi hormon prolaktin yang tidak normal dapat mengganggu hormon yang berperan dalam proses menstruasi.

 

6. Menggunakan Kontrasepsi KB

Tahukah kamu bila dengan meminum pil KB, KB Implan serta KB Implan ini maka dapat mengakibatkan terhambatnya pelepasan sel telur pada Rahim wanita. Agar siklus haid anda kembali normal maka hentikan mengonsumsi pil KB selama 6 bulan. Jadi penggunaan kontrasepsi KB ini berpengaruh besar bagi siklus anda haid.

 

7. PCOS

PCOS (sindrom polikistik ovarium)merupakan kondisi tubu yang menghasilkan hormon androgen yang berlebih. Apabila anda mengalami PCOS maka siklus haid anda akan terlambat bahan tidak mengalami menstruasi.

 

8. Menderita penyakit tertentu

Apabila  anda menderita suatu penyakit tertentu seperti diabetes, ini salah satu penyakit yang mempengaruhi haid anda. Efek dari penyakit ini sangatlah besar dalam mempengaruhi sistem datang bulan anda tersebut. Coba lah untuk merubah pola hidup sehat dan pola makan yang teratur dan baik.

 

9. Adanya Gangguan fungsi kelenjar tiroid

Fungsi dari Kelenjar tiroid ini bertugas dalam mengatur sistem metabolisme pada tubuh dalam mengatur hormon. Apabila kelenjar tiroid tidak bekerja atau terlalu aktif dapat menganggu hormon. Oleh karena itu Hormon progesteron dan esterogen yang terganggu dapat mempengaruhi siklus haid anda. Untuk itu rutinlah untuk pengecekan medical check up agar mengetahui kondisi gangguan hormonal ini.

 

10. Efek samping konsumsi obat-obatan

Sebenarnya Ada beberapa jenis obat yang dapat mengganggu siklus datang bulan anda. Seperti halnya pada obat untuk meredakan rasa nyeri dan ibuprofen. Penggunaan obat ini pasti akan memicu haid anda menjadi telat.

 

11. Menopouse

Sebagaimana yang kita tahu, fenomena Menopouse pada wanita ini umumnya akan terjadi pada seorang wanita yang telah menginjak usia lebih dari 40 tahun.  Salah satu tanda anda akan mengalami menopause adalah menstruasi terlambat.

Itulah beberapa kondisi yang dapat anda jadikan acuan tentang mempengaruhi siklus haid anda. Memang ada banyak sekali kondisi yang mempengaruhi siklus haid. Anda dapat memastikan ada atau tidak kondisi yang dapat menganggu siklus menstruasi.

 

Apakah telat haid mengganggu tanggal haid berikutnya?

Pada dasarnya setiap perempuan itu memiliki siklus datang bulan yang berbeda-beda. Siklus haid anda akan semakin panjang apabila anda mengalami telat haid selama 3 hari. Misal siklus haid anda 34 hari dimulai dari tanggal 10 Januari maka bulan berikutnya anda akan mengalami haid tanggal 13 Februari. Apabila tanggal haid anda telat maka tanggal haid pada bulan berikutnya juga akan mundur. Apabila siklus haid anda panjang tentu tanggal haid anda akan semakin jauh

Anda tidak perlu cemas dan khawatir, siklus haid yang panjang termasuk hal yang normal. Selama anda tidak mengalami gejala yang mengganggu maka siklus haid anda termasuk kategori normal. Buatlah catatan tanggal anda mulai haid dengan bulan berikutnya dan hitung berapa jarak hari pada siklus tersebut. Jarak tersebut merupakan siklus haid yang anda alami. Apabila anda telah mengetahui panjang siklus haid maka anda akan mengetahui tangga menstruasi yang akan datang. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous post Wow Produk Bagus Botol Minyak Goreng dari Grinnliving
Next post Upgrade Hunianmu Agar Betah Di rumah dengan Smart Home