3 Cara Mudah Agar Anak Tumbuh Optimal, Yuk Pahami Mom!!

Sebenarnya agar anak tumbuh optimal itu perlu perhatian besar dari orang tua, seperti memberikan ia makanan yang sehat dan bergizi, memberikan imunisasi yang tepat dan cepat berkonsultasi dengan dokter jika anak tumbuh tidak sesuai usianya.

Memiliki anak yang sehat dan cerdas pasti menjadi impian semua orang tua. Oleh karena itu, penting baginya untuk mengetahui fondasi dasar perkembangan anak yang perlu dibangun sejak berusia 1-5 tahun. Berikut  MAMA BAIK berikan beberapa cara yang bisa Anda terapkan pada anak.

Cara Mudah Agar Anak Tumbuh Optimal

 

1. Memberikan makanan dengan gizi seimbang

Memberikan pola makan yang salah pada anak bisa menyebabkan, gizi lebih, kurang gizi, dan efisiensi mikronutrien. Anak yang memiliki perkembangan tak normal tentu juga memiliki sel otak tak sebaik anak normal.

Beberapa zat gizi yang biasanya kurang pada anak ialah vitamin D (Berguna untuk pertumbuhan tulang) dan zat besi. Seperti yang kita tahu bahwa zat besi memiliki peranan penting untuk sirkulasi oksigen dalam tubuh anak.

 

2. Hindari anak dari sumber penyakit

Anda sebagai orang tua bisa menghindari anak dari sumber penyakit seperti menjaga kebersihan lingkungan sekitar anak, tidak merokok di dekat anak dan lain sebagainya.

Perlu Anda ketahui bahwa asap rokok sangat berbahaya bagi bayi sebab sistem imun anak masih belum sempurna. Selain itu, asap rokok dapat mengganggu tumbuh kembang anak.

 

3. Pantau terus perkembangan anak

Agar anak tumbuh optimal tentunya Anda harus selalu memantau perkembangannya. Misalnya, saat anak Anda berusia 1 tahun sebaiknya ia sudah bisa berjalan sendiri, meniru kata-kata Anda. Menginjak usia 2 tahun, ia sudah bisa menaiki anak tangga, berlari hingga belajar makan sendiri.

Baca Juga :  Pusing Kerjakan Tugas? Gunakan Jasa Joki Tugas "Buatin Tugasku"

Jika anak sudah memasuki usia tersebut namun belum bisa melakukan satupun dari yang disebutkan di atas. Sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter. Sebab, bisa saja anak Anda kurang zat gizi atau stimulasi.

Nah, itu dia 3 cara mudah agar anak tumbuh optimal. Semoga bermanfaat MAMA BAIK!

Recommended For You

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *