manfaat echinacea

Info SehatQ: Mengulas Manfaat Echinacea Bagi Kesehatan Anak

 

Echinacea merupakan tanaman yang berasal dari Amerika Utara yang berguna sebagai obat untuk berbagai penyakit. Manfaat echinacea bisa didapatkan dari bagian daun, bunga, batang, dan akarnya.

Biasanya, bagian yang berkhasiat diolah sebagai bahan suplemen dalam bentuk teh, pil, atau ramuan herbal. Bunga echinacea memiliki kandungan beberapa bahan aktif dan bersifat antimikroba.

Tidak hanya itu, echinacea juga bisa melawan beragam infeksi dari bakteri, jamur, maupun virus. Agar lebih paham mengenai echinacea, berikut ini beberapa manfaat tanaman yang satu ini bagi kesehatan anak. Simak sampai akhir, ya!

Membantu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Berdasarkan penelitian dari Mono Rahardjo, tanaman echinacea ini telah teruji untuk pengobatan atau terapi AIDS, terapi, dan membantu mengatasi kelelahan kronis. Menurut hasil penelitian tersebut, tanaman ini berdampak baik bagi imunitas anak.

Selain itu, ada studi lain yang menyatakan bahwa tanaman echinacea dapat merangsang kinerja sistem imun menjadi lebih optimal. Penelitian tersebut mengamati responden yang mengonsumsi 10 mg echinacea untuk setiap 1 kg berat badan selama lebih dari 10 hari.

 

Mencegah dan Mengatasi Penyakit Flu

Terdapat penelitian yang menyebutkan bahwa tanaman echinacea mencegah dan mengatasi flu pada anak. Selain itu, ada penemuan lain yang menunjukkan bahwa tanaman tersbeut bisa meningkatkan produksi sel darah putih yang bertugas untuk melawan infeksi pada tubuh anak.

Sejumlah pengujian secara klinis juga menemukan bahwa ekstrak dari bunga echinacea dapat mengurangi durasi flu dan infeksi saluran napas atas lainnya. Efek ini akan terasa apabila anak mendapat echinacea ketika gejala penyakit mulai terlihat.

Berdasarkan laporan yang terbit pada jurnal Lancet Infectious Diseases di University of Connecticut, suplemen echinacea bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan mengurangi risiko terjadinya flu sampai 58%.

 

Membantu Mengurangi Gejala Gangguan Mental

Tidak hanya beberapa hal di atas, Institut Budapest juga telah membuktikan bahwa tanaman echinacea juga mengandung bahan antidepresan. Studi tersebut menyebutkan bahwa mengonsumsi suplemen herbal echinacea semala seminggu bisa menurunkan rasa cemas pada orang dewasa dan remaja.

Penelitian tersebut juga menyebutkan bahwa salah satu jenis tanaman yang memiliki nama echinacea angustifolia dapat mengurangi gejala ADD maupun ADHD pada anak.

 

Mengatasi Masalah Kulit

Remaja memang rentan mengalami masalah kulit seperti eksim atau ruam. Sebagai solusinya, krim yang memiliki kandungan echinacea bisa kita oleskan pada kulit tersebut. Menurut laporan Dr. Armando Gonzalea Stuart, tanaman yang satu ini dapat membantu peremajaan kulit dan menyembuhkan atau meredakan kulit yang terluka, tergigit serangga, maupun bengkak.

 

Melawan Dampak Radikal Bebas

Perlu kita ketahui bahwa tanaman echinacea mengandung berbagai macam bahan yang bertindak sebagai antioksidan. Bahan tersebut bisa melawan kerusakan dan stres oksidatif karena radikal bebas.

Tingginya kandungan antioksidan pada tanaman herbal yang satu ini juga bisa membantu mengurangi risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes. Bahan antioksidan yang ada di dalamnya berupa flavonoid, rosmarinic acid, cichoric acid.

www.sehatq.com

Itulah beberapa manfaat echinacea bagi kesehatan anak. Jangan lupa untuk konsultasikan lebih dulu pada dokter agar mengonsumsi echinacea sesuai dosis yang tepat. Apabila Anda mempunyai beberapa pertanyaan mengenai manfaat echinacea, Anda bisa bertanya pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ dengan gratis.

Yuk, silahkan unduh aplikasinya di App Store atau Google Store, dan Chat Dokter sekarang. Anda bisa Kunjungi www.sehatq.com untuk informasi yang lainnya. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Usability testing Previous post Sederet Manfaat Usability Testing Bagi Perusahaan
Rekomendasi Tas Ransel Keren untuk Backpackeran Next post Cek 4 Rekomendasi Tas Ransel Keren untuk Backpackeran