contoh pidato singkat

Inilah Tips Membuat Pidato Singkat yang Menarik

 

Dalam membuat pidato singkat seharusnya kita bawakan se-menarik mungkin, agar audience bisa menerima pesan yang kita sampaikan. Untuk itu anda harus memperhatikan banyak faktor dalam membuat pidato yanga akan anda utarakan. Pada suatu kesempatan pasti anda pernah menjumpai pidato orang lain yang berkesan monoton dan kurang menarik karena bahan materi dan cara penyampaiannya kurang mendapatkan antusias penonton. Tentu tidak menarik untuk di simak bukan?

Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya anda simak ulasan berikut agar pidato singkat anda bisa diterima oleh audience.

Tips Membuat Pidato Singkat Agar Terlihat Menarik

Hal penting yang perlu anda perhatikan dalam membuat pidato singkat tersebut haruslah bisa diterima oleh penonton mulai dari tujuan, isi, dan kesimpulannya. Sesungguhnya pada dasarnya pidato singkat itu harus memenuhi beberapa syarat utama antara lain harus informatif, persuasif dan reaktif pada audience. Untuk membuat pidato singkat ini terlihat menarik di mata pendengarnya, anda bisa ikuti tips berikut ini ya.

Pilihlah Topik  dan Tujuan Pidato

Yang menjadi pokok dari pidato tersebut adalah topik dan tujuannya. Setidaknya anda berpidato itu memiliki arah dan konsep yang matang agar bisa menarik perhatian penonton. Anda sebaiknya harus mengkaji secara mendalam materi didalamnya dan sesuaikanlah dengan referensi yang anda jadikan pedoman. Dengan topik dan tujuan yang jelas anda akan memudahkan juga anda dalam membawakannya.

 

Cari tahu Audience yang menyimak pidato

Sesuaikanlah pidato anda dengan audience yang nantinya akan mendengar pidato singkat anda. Gunakanlah bahasa dan interaksi hiburan yang bisa diterima oleh audience tersebut. Karena yang utama dari pidato tersebut bisa tersampaikan dengan baik ke penonton. Dengan demikian anda akan berkesan dan pesan anda akan tercerna dengan mudah.

 

Efektifkan Teks Pidato

Setelah anda konsep dengan baik, anda pasti akan mudah untuk meringkas pidato anda nantinya. Tidak perlu terlalu lama dalam menyampaikan pidato tersebut. Ini berguna untuk mengantisipasi audience yang jenuh dalam mendengarkan pidato anda. Akan tetapi jangan terlalu pendek juga, karena isi pidato nantinya tidak tersampaikan dengan jelas. Pidato yang terbaik itu haruslah efektif yang berfokus pada isi dan tujuan utamanya.

 

Itulah beberapa tips membuat pidato singkat yang menarik agar bisa terserap dengan baik oleh audience. Bila anda sedang mencari contoh pidato singkat yang menarik, anda bisa kunjungi website mamikos.com. Banyak sekali pilihan dan macam – macam contoh pidato singkat yang bisa anda jadikan referensi dalam membuatnya.

Semoga bermanfaat ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

beasiswa luar negeri Previous post Mengulas Tuntas 3 Cara Mudah Lolos Beasiswa Luar Negeri
Skintific Next post 5 Produk Skintific yang Tersedia di Beautyhaul, Cobain Sekarang!