Mengenal Berbagai Keunggulan Sistem Pos Daripada Mesin Kasir Biasa

 

Mesin kasir merupakan komponen penting dalam sebuah bisnis. Hal ini karena perangkat tersebut memiliki peran dalam mengelola segala transaksi. Namun, saat ini fungsi tersebut menjadi semakin lengkap karena kehadiran sistem point of sale atau POS.

POS sendiri menjadi sebuah sistem yang bisa mempermudah proses transaksi dalam bsinis dan membantu mengelola bisnis dengan lebih efisien.

Nah, agar kamu semakin mengenal POS, berikut ini keunggulan POS jika kamu bandingkan dengan mesin kasir biasa.  Simak pembahasannya sampai selesai, ya!

Beroperasi Sesuai dengan Kebutuhan

Manfaat yang bisa kamu rasakan ketika memanfaatkan POS adalah kamu bisa mengaturnya seperti yang kamu butuhkan. Oleh sebab itu, sistem tersebut sangat fleksibel sesuai dengan keinganan bisnismu.

Hal ini akan berbeda dengan mesin kasir yang programnya hanya itu-itu saja. Perlu kamu ketahui bahwa semakin kompleks konsep bisnis yang kamu bangun, maka semakin banyak juga kebutuhan yang harus kamu perhatikan.

Sistem POS ini sangat tepat untuk bisnismu karena selain banyak fungsi yang bisa mengakomodasi seluruh keinganan maupun kebutuhan bisnismu.

 

Mampu Berintergrasi dengan Banyak Hardware

Selanjutnya, keunggulan sistem POS adalah mampu terhubung dengan berbagai macam perangkat pendukung. Kemampuan ini berbeda dengan mesin kasir biasanya yang hanya bisa terintegrasi dengan satu tau dua hardware saja.

POS bisa terintegrasi dengan alat lain seperti barcode scanner atau perangkat pembaca kode bar baik garis maupun gambar. Tidak hanya itu, POS juga bisa terhubung dengan printer khusus kasir atau printer biasa.

 

Mempunyai Fasilitas Lebih Lengkap

Jika kamu bandingkan dengan mesin kasir biasa, sistem POS ini mempunyai fasilitas yang jauh lebih beragam. Mesin kasir biasa memiliki keterbatasan dalam mencetak nota dan faktur, kurang mampu mencatat piutang terutama dalam jangka waktu yang panjang, dan masih kurang akurat dalam memeriksa stok barang.

Baca Juga :  Analisa Forex Harian: Memahami Pergerakan Mata Uang Lebih Dekat

Sedangkan, sistem POS sudah terlengkapi berbagai fitur atau fasilitas sehingga mampu mencetak nota atau fraktur yang berbeda-beda dan tidak selalu menggunakan kertas struk berukuran kecil yang menjadi khas dari nota pembayaran.

Selain itu, POS juga bisa membuat laporan perihal piutang dalam waktu singkat maupun panjang. Hal yang tidak kalah penting adalah POS bisa menghitung harga pokok penjualan dengan menggunakan sistem yang jauh lebih cerdas yakni FIFO ata LIFO.

 

Mampu Berkembang Lebih Lagi

Keunggulan lainnya dari sistem POS adalah mampu berkembang lebih baik lagi dengan mengikuti perubahan tren teknologi ayng ada. Dalam angka waktu yang telah ada, POS bisa melakukan update secara otomatis tanpa perlu kamu yang melakukannya.

Hal ini sangat berbeda dengan mesin kasir biasa yang sifatnya paten sehingga sangat sulit untuk kamu lakukan update.

Nah, itulah beberapa pembahasan mengenai keunggulan dari sistem POS. Pastinya, dari kelebihan yang POS miliki, kamu bisa memperhitungkan pemakaiannya untuk bisnismu.

 

 

Kamu tidak perlu ragu lagi untuk segera memanfaatkan MOKA POS demi perkembangan bisnismu lebih besar lagi.

Saat ini, MOKA sudah menghadirkan hardware pelengkap mesin kasir yang bisa kamu gunakan untuk pengelolaan bisnis. Perangkat tersebut akan memberimu efisiensi dari segi waktu, energi, dan biaya.

Kamu akan lebih mudah mengoperasikan bisnis dengan mesin kasir dari MOKA karena perangkat sudah terhubung dengan MOKA POS, tablet, dan mobile printer.

Tunggu apalagi? Yuk, segera beli hardware dari MOKA untuk mendapatkan ketenangan dalam berbisnis. Informasi lebih detail mengenai produknya, bisa kamu baca di www.mokapos.com. Semoga bermanfaat!

Recommended For You

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *