Multi Factor Authentication (MFA) untuk Keamanan Akun

 

Meretas email dan akun seseorang sangatlah mudah! Hal inilah yang membuat kita semakin was-was dengan tindakan kriminal ini. Jadi, kita perlu mengamankan email kita dari tindakan tersebut. Salah satunya dengan menggunakan Teknologi Multi Factor Authentication (MFA).

 

Fungsi dari Multi Factor Authentication

 

Masyarakat mulai menggunakan MFA sebagai sistem keamanan akun mereka. Khususnya perusahaan di mana MFA merupakan salah satu sistem keamanan untuk mengautentikasi kepemilikan sebuah user. Baik itu user email, sosial media, dan lain sebagainya.

Bahkan kini cyber security juga menggunakan MFA sebagai standar keamanan mereka dalam mengautentikasi kepemilikan suatu user. Tak hanya cyber security, Google yang merupakan perusahaan raksasa di dunia pun juga menggunakan MFA sebagai standar keamanan. Sebagai bentuk mengupayakan keamanan dalam berinteraksi di dunia internet baik media sosial maupun akun Google.

 

Sistem Keamanan MFA

 

Melansir dari Junior Tekno, Multi Factor Authentication (MFA) ini merupakan sistem keamanan yang menggunakan otentikasi user dalam memverifikasi kepemilikan. Sederhananya, si pemilik user atau akun wajib memberikan otentikasi dua kali atau lebih agar akun tidak mudah untuk dibobol.

Dengan memiliki dua atau lebih otentikasi sebagai sistem keamanan, maka si pembobol pun tidak akan mudah masuk ke dalam akun kita. Kalau pun bisa membobol, si penjahat hanya bisa masuk ke sistem keamanan satu saja. Pembobol membutuhkan dua jenis data atau lebih untuk masuk.

 

Data-Data yang Dibutuhkan untuk MFA

Sistem MFA memerlukan Data-data berbagai macam sebagai alat otentikasi. Mulai dari nomor HP, alamat email, jawaban pertanyaan keamanan, dan sebagainya. Proses otentikasi keamanan ini akan lebih detail mengenai dirimu. Apakah Anda pemilik akun asli atau bukan.

Baca Juga :  Inilah Pentingnya Sensory Play untuk Anak

Meskipun memerlukan data-data penting dan akurat dalam sistem MFA, namun sistem keamanan Multi Factor Authentication (MFA) ini tidak membutuhkan sidik jari, yang mana data tersebut sangat krusial alias data vital yang wajib tidak disebarkan.

 

Dengan adanya MFA dalam sistem keamanan berbagai akun, maka kita akan lebih tenang dalam menyelami dunis internet, sosial media. Karena Multi Factor Authentication ini benar-benar melindungi akun kita.

Semoga penjelasan singkat MFA ini berguna untuk kita semua. Salam !

 

 

Recommended For You

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *