Pahami Strategi Menentukan Harga dan Ongkos Kirim Untuk Bisnis Anda

 

Dewasa ini semua transaksi jual – beli online pasti tidak bisa terpisahkan dari jasa pengiriman dan ongkos kirim. Ini dikarenakan perkembangan teknologi yang cukup pesat yang mengakibatkan sistem jual-beli tidak membutuhkan metode tatap muka. Dengan teknologi para penjual dan pembeli dipertemukan secara online dan yang pastinya tetap aman. Sehingga banyak para penjual atau seller yang mulai beralih ke penjualan online.

Sudah menjadi kebiasaan yang mulai digemari oleh banyak orang untuk bertransaksi menggunakan online ini. Maka dari itu anda harus memanfaatkan peluang ini untuk meraih cuan dengan berdagang melalui digital. Perihal yang penting dalam transaksi menggunakan online adalah metode pengiriman barangnya. Anda harus memikirkan metode yang praktis dalam pengiriman tersebut dan juga masalah ongkos kirimnya. Apalagi banyak dari pelanggan yang menginginkan untuk harga yang ada tawarkan sudah termasuk dengan biaya pengiriman. Nah, untuk itu perlu strategi khusus mengatasi hal tersebut.

Berikut ini beberapa penentu ongkos kirim yang wajib anda ketahui, antara lain:

Tentukan Berat dan Volume Barang Sesuai

Langkah awal yang perlu anda lakukan adalah mengetahui dari berat dan dimensi volume barang yang akan anda kirimkan pada pelanggan tersebut. Karena ini semua berkaitan dengan ongkos kirim yang anda bayarkan nantinya. Biasanya penyedia jasa ekspedisi pengiriman telah menentukan perhitungan biaya sesuai dengan berat dan volume barang tersebut. Kalau bisa anda ringkas metode packingnya agar lebih hemat dalam sisi berat dan dimensinya.

Pilihan Metode Pengiriman

Kemudian anda harus mengetahui durasi pengiriman barang anda hingga sampai ke pelanggan anda. Ini bertujuan untuk membedakan ongkir yang harus anda bayarkan. Apalagi kalau harus ke luar pulau, tentu banyak pilihan untuk mengirimkan barang tersebut. Biasanya ada beberapa opsi pilihan seperti jalur darat ataupun udara. Semakin cepat sampai pada pelanggan maka dapat anda perkirakan juga harga ongkos kirimnya akan tinggi juga.

Nah dari uraian diatas, sebagai seorang seller atau penjual anda wajib mengetahui hal tersebut ya. Karena ini akan berpengaruh besar dalam penentuan harga barang anda akibat dari tambahan ongkir ini.

 

Untuk memberikan pelayanan terbaik pada pelanggan, anda harus memiliki strategi dalam penentuan harga ini. Ditengah persaingan harga yang ditawarkan penjual atau seller lainnya, anda wajib menggunakan strategi jitu untuk menentukan harga agar bisa menarik pelanggan lebih banyak dan tidak merugikan anda. Pastikan anda mengikuti strategi ini dalam menentukan harga dan ongkos kirim agar bisa tetap cuan yaitu:

Survei Perbandingan Harga dengan Pesaing Bisnis anda

Pada strategi yang pertama ini anda harus tahu perbandingan harga dengan pesaing bisnis anda. Jangan sampai anda menentukan harga melebihi jauh dari pesaing anda. Dizaman yang serba terbuka saat ini, harga pasaran akan diketahui oleh beberapa pelanggan. Sehingga untuk membuat pelanggan memutuskan beli barang anda, sebaiknya bisa memberikan nilai lebih dibanding dengan pesaing anda lainnya. Seperti halnya memasukkan harga ongkos kirim dalam harga barang anda adalah salah satu strategi yang bagus untuk anda coba.

Pahami Lokasi Pelanggan Anda

Bila anda sudah ada kesepakatan dengan pelanggan anda, yang perlu anda lakukan adalah memahami lokasi dari pelanggan tersebut. Sehingga anda bisa mengkalkulasikan dahulu mulai berat, volume dan lokasi tujuan untuk mendapatkan ongkos kirim. Sehingga anda bisa memberikan keuntungan lebih maksimal. Dan coba tawarkan pada pelanggan anda bila menginginkan cepat sampai, maka anda bisa menambahkan harga untuk kepuasan pada pelanggan.

Pilihlah Jasa Pengiriman yang Murah dan Berkualitas

Kemudian anda bisa memilih jasa pengiriman yang murah untuk menekan biaya ongkos kirim tersebut. Sehingga keuntungan anda bisa lebih besar lagi. Meskipun demikian agar pelanggan tetap puas dari segi waktu dan pengirimannya, anda harus memilih jasa pengiriman yang bagus.

Salah satu jasa pengiriman yang murah dan berkualitas adalah Sentral Cargo. Penyedia jasa pengiriman ini selalu mengutamakan keamanan, kecepatan dan kenyaman anda dalam mengirimkan barang. Dan tak hanya itu anda bisa memantau pengiriman barang anda secara online dan tentunya menggunakan sistem komputerisasi. Oleh karena itu kami merekomendasikan Sentral Cargo untuk menjadi partnet bisnis anda.

sentral cargo

Anda bisa mengecek ongkos kirim pada jasa pengiriman sentral cargo ini melalui aplikasinya atau website resminya https://sentralcargo.co.id/ongkir. Tunggu apalagi segera hubungi dan datangi kantor ekspedisi terdekat dari Setral Cargo ini ya.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post Tak Hanya Enak! Ini Tips Pilih Camilan Ibu Hamil yang Sehat dan Tepat
Manfaat Penggunaan Digital Marketing Untuk Produk Anda Next post Manfaat Penggunaan Digital Marketing Untuk Produk Anda