Tak Hanya Enak! Ini Tips Pilih Camilan Ibu Hamil yang Sehat dan Tepat

 

Bumil ingin ngemil? Jangan asal makan, ya. Ada banyak camilan sehat yang bisa dipilih. Selain baik untuk kesehatan, camilan ini juga membantu tumbuh kembang janin.

Tips Memilih Camilan Sehat untuk Ibu Hamil

Camilan tinggi gula dan lemak, seperti es krim hingga minuman bersoda memang sulit ditolak. Namun, ada baiknya untuk membatasi konsumsi camilan tersebut karena tidak memberikan asupan nutrisi yang diperlukan selama kehamilan.

1. Hindari Camilan Tinggi Gula, Lemak, dan Garam

Makanan maupun camilan yang terlalu banyak mengandung gula, garam dan lemak tidaklah baik untuk kesehatan. Bahkan, untuk orang yang dalam kondisi tidak hamil pun tidak dianjurkan mengkonsumsinya terlalu sering. Sebab, makanan seperti ini dapat meningkatkan gula darah dan tekanan darah. Tentu bisa berisiko lebih serius pada ibu hamil.

2. Pilih yang Mengandung Berbagai Nutrisi

Selalu perhatikan bahan-bahan dan kandungan gizi apa saja yang terkandung dalam camilan yang akan dikonsumsi. Terutama pada camilan kemasan. Sebisa mungkin hindari makanan yang mengandung bahan-bahan kimia. Jika terdapat komposisi yang tidak dikenal, sebaiknya sisihkan.

3. Utamakan Buah dan Sayur

Buah dan sayur merupakan camilan paling sehat. Sebaiknya pilih camilan yang berasal dari kedua bahan tersebut. Pasalnya, kandungan nutrisi didalamnya sudah tak perlu diragukan lagi. Agar terasa lebih nikmat, membuat jus campuran buah dan sayur bisa menjadi pilihan.

 

Pilihan Camilan yang Sehat untuk Ibu Hamil

Sumber foto: Google

Camilan sehat untuk ibu hamil harus mengandung nutrisi yang dibutuhkan, seperti kalsium, asam folat, protein, zat besi dan berbagai jenis vitamin. Berikut ini beberapa jenis camilan sehat yang baik dikonsumsi selama kehamilan:

1. Yoghurt

Mengandung kalsium, yoghurt sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi bagi ibu hamil serta janin. Selain itu, kandungan prebiotik di dalamnya juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Penelitian menunjukkan, probiotik dapat membantu mengurangi pertumbuhan bakteri jahat pemicu infeksi. Hal ini kerap dikaitkan dengan menurunnya resiko alergi, eksim dan diare pada bayi.

Ibu hamil bisa mengkonsumsi yoghurt plain dengan tambahan kismis, kacang-kacangan dan buah segar untuk memperkaya cita rasanya. Menambahkannya ke dalam smoothies juga enak.

2. Cokelat

Mengkonsumsi cokelat saat hamil bisa membantu menjaga kesehatan pembuluh darah, sehingga dapat menekan resiko terserang tekanan darah tinggi dan preeklamsia.

Meskipun memiliki beberapa manfaat, namun ibu hamil tidak dianjurkan memakannya terlalu banyak. Sebab, cokelat mengandung kafein. Selain itu, umumnya produk cokelat memiliki tambahan susu dan gula. Jika dikonsumsi secara berlebihan bisa meningkatkan risiko obesitas.

3. Alpukat

Buah satu ini memiliki kandungan asam folat yang membantu pembentukan sel darah merah dan perkembangan saraf pada janin.

Menjadikannya sebagai camilan sehat untuk ibu hamil adalah pilihan yang tepat. Bumil bisa memakannya secara langsung atau menjadikannya sebagai pengganti mentega pada roti.

4. Ubi

Ubi menyimpan kandungan vitamin B, C, beta karoten, kalium, tembaga dan zat besi. Berbagai nutrisi tersebut diperlukan untuk mendukung tumbuh kembang janin, termasuk pertumbuhan tulang, mata hingga kulit. Mengolah ubi juga sangat mudah, bisa dengan mengukusnya, dipanggang atau digoreng.

Itulah beberapa tips dan pilihan camilan sehat untuk ibu hamil. Kalau ingin camilan sehat yang rendah kalori, bebas pengawet, praktis dan bisa dibawa kemana saja, yuk langsung cek di healthy choice!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post Tips Penerapan Gaya Hidup Sehat Dengan Pola Makan Yang Tepat
Next post Pahami Strategi Menentukan Harga dan Ongkos Kirim Untuk Bisnis Anda