Inilah Pentingnya Peran Ayah Dalam Pendidikan Anak !

Mama Baik – Sebenarnya  Peran Ayah Dalam Pendidikan Anak itu sangat penting. Kehadiran akan seorang ayah terhadap anak dapat mempengaruhi tumbuh kembang anak secara intelektual, emosional dan spiritual. Sehingga kedekatan anak dan ayah membuat anak terdidik dengan perasaan nyaman,  aman, dan cerdik dalam berkomunikasi. Maka dari itu sosok ayah wajib ikut berperan aktif dalam mendidik anak. Kemudian ayah atau papa harus bisa berperan sebagaimana yang anak butuhkan.

 

Berikut ini Peran Ayah dalam Pendidikan Anak yang wajib dilakukan, yakni:

 

1. Ayah sebagai Playmate (Teman Bermain)

 

Anak secara naluriah sebagian besar suka menghabiskan banyak waktunya dengan bermain. Kegiatan melakukan suatu permainan akan berpengaruh pada mutu mental si- anak. Janganlah biarkan anak anda bermain tanpa perhatian sang ayah. Luangkanlah waktu ayah untuk bermain dengan anak sehingga terjalin ikatan emosional yang bagus antara anak dan ayah.

 

2. Ayah Sebagai Teacher (Pendidik)

 

Keingintahuan akan anak dalam segala sesuatu perlu dukungan akan ayah. Dengan rasa penasarannya anak yang tinggi, ayah harus mampu mengarahkan anak kedalam hal positif secara terarah. Didorong dengan motivasi yang luar biasa dari ayah, anak akan senantiasa berjuang mempertahankan cita-cita yang diinginkannya.

 

3. Ayah Sebagai Protector (Pelindung)

 

 

Sesungguhnya sosok seorang ayah perlu mengajarkan cara melindungi diri dan orang lain. Dari sini anak akan menirukan sikap ayah ketika melindungi diri maupun orang lain yang akan terbawa hingga dewasa kelak. Sehingga penting sekali Peran Ayah Dalam Pendidikan Anak khususnya ketika jadi sosok pelindung.

 

4. Ayah Sebagai Partner ( Teman)

 

Kedekatan antara ayah dan anak perlu untuk dijaga bahkan seakan-akan seperti kawan sendiri. Ini akan membuat anak selalu terbuka dengan orang tua dalam segala hal. Tak hanya itu saja, keharmonisan antara ayah dan ibu pun akan ditiru anak dalam kehidupan di masa depan kelak. Seringlah bercerita bertukar segala sesuatu walaupun merupakan hal yang sepele. Bisa mulai bertukar cerita dari kegiatan keseharian ayah bekerja maupun keseharian anak di sekolah.

 

Baca Juga :  Kursus Bahasa Portugis Bersama Leavco: Peluang Belajar Bahasa yang Menarik

Sosok ayah perlu bisa menjadi multitalenta sifat dan karakter diatas. Sebab tumbuh kembang seorang anak mulai dari pola pikirnya, sikap dan perilakunya dipengaruhi oleh sikap ayah. Sayang sekali apabila ayah tidak memperhatikan yang anak butuhkan. Memang secara harfiah sosok ayah memiliki tanggung jawab utama dalam memenuhi nafkah keluarganya, tetapi mendidik anak juga perlu sokongan dari seseorang ayah. Bagaimanapun juga anak memiliki kebiasaan menirukan tingkah laku yang dilihat dari orang tuanya, bila sikap yang ditunjukkan oleh ayah selalu positif maka anak pun akan memilki sikap positif.

Anak akan tumbuh dengan pribadi yang orang tua ajarkan. Sehingga pola asuh yang baik akan berimbas pada kehidupannya di masa depan. Mulai dari memperjuangkan cita-citanya maupun dalam kehidupan berumah tangganya nanti. Dengan demikian jangan sampai anda melewatkan masa – masa yang menyenangkan dalam mendidik anak, karena waktu tidak akan terulang kembali.

 

Jadi Peran Ayah dalam Pendidikan Anak itu sangat penting sekali dalam keluarga anda. Sebagai Orang tua haruslah meluangkan waktu untuk fokus dalam tumbuh kembang anak secara optimal. Semoga ayah dan mama bisa membagi peran dalam mengasuh anak anda.

Semoga Bermanfaat !

 

 

 

 

Recommended For You

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *