Tidak Perlu Panik, Begini Cara Menurunkan Bayi Demam Panas

Setiap mama pasti pernah bingung ketika bayi kesayangan anda tiba-tiba demam dan panas suhu badannya. Tapi mama janganlah cemas dahulu, ternyata ada banyak tips untuk menurunkan panas pada bayi. Tingginya suhu badan pada bayi mengisyaratkan adanya respon bayi terhadap penyakit ataupun vaksin tertentu.

 

Apakah Anda Tahu Mengenai Demam Panas Pada Bayi

 

Temperatur normal pada bayi dapat diperiksa menggunakan termometer yang mana umumnya berkisar pada suhu 36,5 derajat celcius sampai dengan 37 derajat celcius. Anak bayi dapat digolongkan memiliki suhu panas ketika suhu diatas melebihi dari 37,5 derajat celcius. Agar penggunaan termometer bisa efektif dan akurat, pasangkan termometer ini di ketek bayi.

Penyebab akan panas bayi ini disebabkan oleh berbagai faktor seperti adanya infeksi bakteri atau virus jahat, setelah pemberian imunisasi dan beberapa faktor lainnya. Mama perlu memberikan perhatian khusus bila suhu bayi anda sudah panas seperti ini.

 

Beberapa Cara Ini Bisa Dicoba Untuk Menurunkan Panas pada Bayi Antara lain :

 

1.Beri Obat Pereda Panas

 

Mama bisa mencoba dengan memberikan bayi anda ibuprofen (untuk bayi usia dibawah 3 bulan) atau parasetamol (untuk bayi diatas 3 bulan). Untuk dosis takarannya dapat dikonsultasikan dengan dokter atau tenaga medis  yang berkompeten. Ini akan membantu menurunkan panas sehingga anak akan sirap / mulai dingin.

 

2.Coba Memberikan Pakaian atau Selimut yang Tipis

 

Upaya selanjutnya bisa dicoba dengan memberikan pakaian ataupun selimut yang tipis agar membantu pelepasan suhu panas tubuh. Dengan demikian bayi akan mulai dingin kembali pada suhu normal.

 

3.Selalu Menjaga Suhu Ruangan

 

Agar bayi merasa nyaman, sebaiknya selalu menjaga suhu ruangan tetap normal. Sehingga respon tubuh bayi tetap baik tanpa memperparah panasnya badannya. Sirkulasi udara ruangan diusahakan pada kondisi yang bagus agar kadar oksigen baik. Sebab bila dari segi ruangan tidak mendukung, bisa mengakibatkan bayi tetap terjaga di suhu panas.

Baca Juga :  Tips Naik Pesawat Bersama Anak !!

 

4.Kompres Bayi

 

Salah satu cara yang familiar hampir setiap orang tahu yakni dengan mengompresnya. Orang tua hanya perlu menyiapkan air hangat dan kain handuk kecil, kemudian diperas sampai airnya habis setelah itu diletakkkan pada area seperti dahi dan badannya. Atau juga bisa menggunakan kompres instan buatan pabrikan yang dapat bertahan lama.

 

5.Mandikan bayi dengan air hangat

 

Bisa juga gunakan cara memandikan dengan air hangat ini untuk menurunkan panas pada bayi. Temperatur airnya jangan terlalu panas dan terlalu dingin, agar suhu badan pada bayi menyesuaikan dengan air hangat tersebut.

 

Semoga dapat membantu para mama baik yang lagi mendapati bayinya panas,

Recommended For You

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *