Ternyata Inilah Penyebab Bayi Rewel Malam Hari

Bayi rewel malam hari memang membuat para orang tua merasa khawatir. Para orang tua pasti akan merasa bingung, apa yang menyebabkan bayi rewel di malam hari. Bahkan dengan memberikan susu tidak dapat mengatasi tangisan si bayi.

Namun bunda tidak perlu khawatir mengingat bahwa hampir setiap bayi akan rewel di malam hari. Bayi akan rewel ketika ia berusia beberapa minggu hingga menginjak usia 3 bulan. Untuk itu kenali beberapa penyebab bayi rewel dimalam hari.

1. Merasa lapar

Bayi yang berusia mingguan hingga 3 bulan merasa mudah lapar dan ingin terus minum susu. Sehingga bayi akan rewel ketika ia merasa lapar.

2. Perut kembung

Tak hanya orang dewasa,bayi pun dapat merasakan perut kembung. Hal ini akan membuat bayi merasa tidak nyaman. Bayi mengalami kesulitan mengeluarkan gas dalam sistem pencernaannya.

3. Kelelahan

Apabila bayi tidak cukup tidur disiang hari maka tubuhnya akan merasakan lelah. Akhirnya dimalam hari bayi akan lelah dan merasa tidak nyaman. Jadi jangan beranggapan bahwa apabila bayi tidak tidur siang dapat membuatnya tidur nyenyak dimalam hari.

Bepergian dengan menggunakan kendaraan juga dapat membuat bayi merasa kelelahan walaupun si kecil selalu berada digendongan bunda.  Karna kenyataannya tidur di dalam kendaraan tidak senyaman tidur di tempat tidur.

4. Sakit

Penyebab lain bayi rewel dimalam hari adalah ketika ia sakit. Sakit membuat bayi merasa benar-benar tidak nyaman. Suhu tubuh yang tinggi, nafas tidak beraturan dan saluran pernapasan yang terganggu dapat membuat bayi  dapat  menangis sepanjang malam.

5. Popok bayi

Apabila bunda tidak segera mengganti popok bayi dengan popok yang baru akan membuat bayi merasa tidak nyaman.  Wajar saja jika bayi rewel jika popoknya dipenuhi dengan poop dan pipis bayi tentu akan membuatnya merasa risih. Bisa juga bahan popok yang tidak cocok dengan kulit bayi.

Nah, lalu bagaimana cara mengatasi bayi yang rewel dimalam hari,

1. Menyusui bayi

Bunda dapat menyusui bayi ketika bayi mulai rewel. Pastikan bahwa bayi telah merasa kenyang. Karena bayi bisa kapan saja merasa lapar.

2. Mengusap punggung

Usap punggung bayi secara berulang kali ketika bayi akan tidur. Dengan mengusap punggung bayi maka bayi akan merasa nyaman ketika berada didekat bunda.

3. Tidur siang

Usahakan bayi tidak melewakan tidur siang. Hal ini  akan memudahkan bayi  ketika tidur dimalam hari.

4. Menghindari aktivitas berat

Kurangilah aktivitas yang berat ketika hendak tidur seperti bermain. Gaanti aktivitas berat dengan aktivitas yang ringan seperti bernyanyi atau mendengarkan dongeng.

5.Mengganti popok

Popok yang kotor akan membuat bayi merasa risih dan tidak nyaman. Jadi pastikan popok bayi sudah anda ganti agar kembali bersih.

Bunda dapat menggunakan popok dari merries good skin. Popok ini sangat nyaman dan tentunya memiliki permukaan yang lembut. Memiliki daya serap yag tinggi sehingga nyaman bagi kulit bayi. Itulah beberapa cara mengatasi bayi rewel malam hari. Semoga bermanfaat bagi bunda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous post Mari Kenali Jenis – Jenis Asuransi Kecelakaan
Next post Wajib Anda Ketahui Jenis Dan Tujuan Premi Asuransi