Tips Cara Mengelola Keuangan Bisnis Restoran yang Efektif

 

Adanya perencanaan yang baik dan kolaborasi dengan teknologi membuat banyak bisnis restoran semakin mampu bersaing. Tidak jarang mereka memanfaatkan alat pembayaran non tunai sebagai langkah mempermudah transaksi dalam bisnis.

Walaupun banyak faktor bisa berkontribusi terhadap keberhasilan bisnis restoran, tetapi perlu kamu ingat bahwa pengelolaan keuangan bisnis juga menjadi faktor yang paling penting.

Oleh sebab itu, kamu perlu mengelola keuangan dengan sangat matang agar tidak berdampak buruk pada jalannya bisnis. Berikut ini beberapa cara mengelola keuangan restoran yang efektif. Simak ulasannya hingga akhir, ya!

Melakukan Evaluasi Secara Berkala

Pastinya, setiap restoran memiliki target tertentu baik terkait keuntungan maupun inventaris. Maka dari itu, kamu harus melakukan evaluasi secara berkala dan konsisten untuk memahami tren dengan menggunakan acuan utama berupa laporan keuangan.

Apabila terdapat target yang belum tercapai, maka kamu bisa memperbaiki strategi bisnis. Selain mempunyai laporan keuangan, kamu juga harus memahami arti penting dalam angka-angka yang tertera,

Kamu perlu mengerti, apakah angka tersebut memperlihatkan bisnis berjalan dengan baik atau justru di bawah rata-rata. Dengan hasil analisis ini, manajemen puncak bisa dengan mudah mengambil keputusan guna mengoptimalkan bisnis.

 

Memahami Pengeluaran Bisnis

Salah satu kesalahan yang sering terjadi pada restoran di awal perjalanannya adalah ketidakmampuan dalam mengendalikan pengeluaran bisnis.

Sebagian besar restoran masih memiliki stok yang berlebihan dengan karakter yang mudah rusak sehingga cenderung mengakibatkan pemborosan.

Maka dari itu, manajemen stok dan inventaris juga perlu menjadi prioritas dalam mengendalikan biaya bisnis restoran. Hal ini dapat membantumu mempersiapkan pengeluaran yang sedang berlangsung saat ini.

 

Meningkatkan Sistem

Seorang manajemen keuangan perlu terus mengikuti perkembangan sistem keuangan. Hal ini dapat memberikan efisiensi dalam berbisnis, baik dari segi penggunaan perangkat lunak maupun peningkatan SOP.

Demi meningkatkan efektifitas, akurasi, dan kecepatan dalam mengelola keuangan, kamu juga harus memperhatikan sistem terbaik untuk proses transaksi. Mari mulai kembangkan bisnis dengan menyederhanakan pembayaran.

 

GoBiz

GoBiz merupakan super app dari Gojek yang tercipta khusus untuk para pengusaha Indonesia.

Kamu bisa mengelola pesanan makanan melalui GoFood dan menerima pembayaran dengan GoPay. Selain itu, kamu juga dapat menganalisis laporan penjualan sampai memberikan promo hanya dengan satu aplikasi, yakni GoBiz.

Aplikasi ini akan mempermudah kamu mengelola usaha hanya dengan satu genggaman saja. Banyak fitur yang berguna untuk kelancaran bisnismu seperti layanan kasir dari GoKasir, fitur promo, monitor penjualan dengan GoBiz Dashboard, pembayaran dengan GoPay, dan pemesanan makanan menggunakan GoFood.

Tidak hanya itu, aplikasi GoBiz juga membantu pengusaha untuk menerima pembayaran non tunai dengan lebih mudah dan praktis. Konsumen restoranmu bisa melakukan transaksi cashless hanya dengan saldo GoPay.

Para konsumen bisa menyelesaikan pembayaran dengan melakukan scan kode QRIS yang bisa menerima berbagai macam metode pembayaran. Salah satunya dari e-wallet seperti GoPay.

Oleh karena itu, kamu sebagai pemilik usaha tidak perlu lagi menyiapkan uang untuk kembalian. Antrian panjang pada kasirmu juga bisa kamu minimalisir dengan sistem pembayaran non tunai ini.

Dengan pembayaran non tunai, transaksi yang kami lakukan akan lebih aman karena bisa mengurangi risiko kehilangan atau kecurangan dalam penyimpanan uang tunai di restoranmu.

Kamu tidak perlu ragu lagi untuk memulai menggunakan pembayaran non tunai dalam bisnis restoranmu saat ini. Yuk, kunjungi gobiz.co.id dan lihat keunggulannya lebih detail untuk bisnismu. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous post Hal Yang Harus Di Perhatikan Pemula Dalam Membeli Mobil